EKI FITRIENDI TUNJUNGSARI

a life long learner

Mengenal OS Android

diposting oleh eki-tunjungsari-fst10 pada 04 June 2012
di Umum - 4 komentar

Android adalah sebuah operating system yang digunakan di handphone dan smartphone yang berbasih linux. Di Indonesia OS ini belum lama booming di kalangan masyarakat, padahal sebenarnya Android telah lama dikembangkan. Berikut ini adalah kutipan dari Wikipedia:

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Awalnya, OS android ini dikembangkan oleh Android Inc. Setelah diakuisisi oleh Google Inc. barulah OS ini menjadi sangat terkenal dan digunakan secara luas. Penggunaan OS Android menjadi sangat popular salah satunya adalah karena sifatnya yang Open Source. Dengan begitu, vendor mobile yang belum memiliki OS khusus dapat menggunakan OS Android ini. Karena penggunaannya yang gratis, mobile phone dengan OS Android berharga relatif murah dibandingkan dengan blackberry atau iPhone yang sama-sama memiliki spek yang canggih.

OS Android memiliki berbagai versi sejak awal penggunaannya. Berikut adalah versi-versi OS Android:

  1. Android versi 1.1 – Maret 2009
  2. Android versi 1.5 (Android Cupcake) – Mei 2009
  3. Android versi 1.6 (Android Donut) – September 2009
  4. Android versi 2.0/2.1 (Android Eclair) – Desember 2009
  5. Android versi 2.2 (Android Froyo: Frozen Yoghurt) – Mei 2010
  6. Android versi 2.3 (Android Gingerbread) – Desember 2010
  7. Android versi 3.0 (Android Honeyc0mb) – 2011
  8. Android versi 4.0 (Android Icecream Sandwich) -2012

 OS Android memiliki banyak sekali keunggulan yang membuatnya sangat widely used. Kelebihan yang paling mencolok adalah interface dan system navigasi yang menarik dan memudahkan user. Berikut ini adalah keebihan-kelebihan OS Android yang lainnya:

  • Multitasksing. Dengan fitur multitasks, user dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti layaknya di komputer. User bisa mengerjakan tugas mengetik sambil mendengarkan musik plus chatting-an dengan teman.
  • Merk gadget yang lebih beragam. Blackberry dan iPhone menggunakan OS milik perusahaan mereka sendiri. Vendor lain seperti Samsung, Motorola, HTC, Acer, Asus dan banyak lainnya umumnya mengeluarkan produk terbarunya dengan menggunakan Android.
  • Open Source. Seperti layaknya aplikasi open source populer lainnya, Android juga memiliki komunitas pengembang yang kuat dan kemudahan bagi user untuk membuat aplikasi sendiri dan menyebarkannya di situs resmi Android.
  • Fitur Widget. Dengan kebebasan membuat widget di homescreen, user bisa dengan mudah mengakses berbagai folder dan aplikasi dengan cepat dan mudah.
  • Integrasi mudah dan cepat ke produk-produk Google

Selain kelebihan, beberapa user mengenali beberapa kelemahan dari OS Android. Kelemahan yang paling kentara dari OS Android adalah Boros baterai karena OS ini banyak melakukan proses di background sehingga membutuhkan banyak energy.

 

Jika kita berbicara tentang smartphone secara general, maka berikut adalah rangkuman kelemahannya berdasarkan pendapat user:

  1. Layar berkualitas rendah
    Layar menjadi hal penting dalam smartphone Android, baik untuk navigasi ataupun memberi kenyamanan pada mata. Karena, tidak menutup kemungkinan smartphone Android digunakan untuk membaca.
    Smartphone dengan resolusi HVGA, di bawah 480 x 320 piksel, tidak mendukung secara optimal pengolahan gambar aplikasi-aplikasi hiburan. Ketika memainkan game dengan grafis tinggi, Anda tidak akan menemukan sensasi game tersebut.
  2. Prosesor dan RAM dengan clock speed rendah
    Tahun 2011 menjadi tahunnya smartphone dengan prosesor dual core. Dan tahun 2012 ini, para vendor telah bersiap membekali produk mereka dengan prosesor quad core.
    Konsekuensinya, kinerja pemrosesan dari smartphone Android juga meningkat. Para developer pun merancang aplikasinya untuk perangkat berprosesor dual atau quad core. Sehingga, smartphone Android dengan prosesor single core tidak cukup baik menjalankan aplikasi-aplikasi populer saat ini.
    Selain itu, ukuran RAM yang kecil akan menghambat kinerja ketika pengguna harus membuka banyak aplikasi di saat bersamaan atau multitasking. Untuk dapat menjalankan aplikasi-aplikasi hiburan, RAM 1GB menjadi ukuran yang dirasa ideal sekarang ini.
  3. Rendahnya kualitas materi yang digunakan
    Yang diharapkan dari Android tentu tak hanya sekadar fungsinya, namun juga ketahanannya, karena pengguna akan menggunakannya untuk beberapa tahun. Menjatuhkan smartphone tentu pernah dialami semua orang atau bahkan terendam air selama beberapa saat.

    Smartphone yang dibuat dari bahan-bahan murah tentu lebih rentan rusak. Sementara layar pada smartphone yang mengincar segmen high-end, kebanyakan telah dilapisi Gorilla Glass agar terhindar dari pecah dan gores.

more info at: 

http://www.gondroid.com/kelebihan-dan-kekurangan-android/

http://www.wahyu-winoto.com/2012/04/kelemahan-android-menurut-para-pengguna.html

http://edutechnolife.com/kenalan-dengan-os-andoid-yuk/

 

 

 

 

4 Komentar

Ratna D Wiranti

pada : 12 June 2012


"Aplikasi seperti apa yang bisa dibuat sendiri di android ? Lalu, apa yang membedakan setiap versi dari android itu ?"


galuh ayu

pada : 22 June 2012


"ekiii...mau tanya, kelemahan android salah satunya rendahnya kualitas materi yang digunakan. apakah kualitas ini berpengaruh terhadap aplikasi android itu sendiri?"


EKI FITRIENDI TUNJUNGSARI

pada : 28 June 2012


"@ratna:
sebenarnya, yang membedakan setiap versi dari android adalah tambahan2 fitur di dalamnya. seperti misalnya, pada android Cupcake terdapat perubahan yaitu dapat mengunggah video ke youtube dan gambar ke Picasa langsung dari handphone, yang mana fitur itu tidak ada pada Android 1.1.
Kamu bisa mengeksplor lebih lanjut tentang perubahan2 di setiap versinya melalui situs ini:
http://yugo21.blogspot.com/2012/02/jenis-jenistipe-versi-sistem-operasi.html

:)"


EKI FITRIENDI TUNJUNGSARI

pada : 28 June 2012


"@galuh
galuuh...maaf saya salah merangkai kata..hehe
jadi, kelemahan2 di atas adalah kelemahan smartphone dengan OS Android, bukan OS Android-nya :) (tapi sudah saya perbaiki kok artikelnya)
nah, kalau kualitas material tidak secara langsung memengaruhi aplikasi android itu sendiri, karena material hanya merupakan komponen fisik dari suatu smartphone.
Semoga menjawab pertanyaanmu ya :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :